Napak Tilas dan Preservasi Timbangan Eks Peninggalan Belanda Meriahkan HUT Stasiun Cirebon

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Stasiun Cirebon didesain oleh Arsitek Belanda bernama Pieter Adriaan Jacobus Moojen yang diresmikan pada 3 Juni 1912 bersamaan dengan dibukanya lintas milik SS Cikampek-Cirebon sejauh 137 kilometer. Demikian disampaikan Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana disela acara HUT Stasiun Cirebon, Minggu (4/6/23).

“Stasiun Cirebon di tetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya Berdasarkan SK Menbudpar No:PM. 58/PW.007/MKP/2010. Stasiun Cirebon terletak di Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon,” kata Dicky.

Lebih lanjut dikatakan, posisi stasiun di Daerah Operasi 3 Cirebon ini termasuk strategis karena berada tidak jauh dari persimpangan dua jalur yaitu menuju Purwokerto-Kroya dan jalur utara ke arah Semarang.

“Sebagai stasiun besar, semua kereta api kelas komersial (bisnis-eksekutif) berhenti di stasiun ini. Stasiun Cirebon merupakan tipe stasiun satu muka, di mana posisi emplasemen sejajar dengan bangunan stasiun,” ujarnya.

Pada momen ulang tahun ke-111 yang jatuh pada tanggal 3 Juni 2023, PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon berkolaborasi bersama IRPS melaksanakan kegiatan Preservasi Timbangan dan Gembok Eks Peninggalan Belanda yang dibuat oleh Salter Inggris yang mampu menopang berat hingga 500 kg.

“Usia timbangan ini diperkirakan sama dengan usia Stasiun Cirebon yang menginjak Meriahkan Ulang Tahun Stasiun Cirebon ke-111,” paparnya.

Untuk lebih memeriahkan Ulang tahun yang ke-111 Stasiun Cirebon, PT KAI Daop 3 Cirebon juga menampilkan Dance KPOP Fortune Girl yang akan membawa 111 Porter untuk melakukan tarian Dance KPOP, serta menampilkan kesenian kearifan lokal tari topeng.

Dalam kegiatan ini,  digelar juga bazar UMKM serta pameran seni lukisan karya seorang remaja berkebutuhan khusus autistik bernama M. Rafi Athallah Irmawan di Stasiun Cirebon.Untuk lebih memeriahkan Ulang tahun yang ke-111 Stasiun Cirebon, PT KAI Daop 3 Cirebon juga menampilkan Dance KPOP Fortune Girl yang akan membawa 111 Porter untuk melakukan tarian Dance KPOP, serta menampilkan kesenian kearifan lokal tari topeng.

Baca Juga  Peringati HUT Stasiun Cirebon ke-112, KAI Daop 3 Gelar Napak Tilas

Dalam kegiatan tersenut,  digelar juga bazar UMKM serta pameran seni lukisan karya seorang remaja berkebutuhan khusus autistik bernama M. Rafi Athallah Irmawan di Stasiun Cirebon. (Cepy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *