Warga Binaan Rutan Kelas I Cirebon dapatkan Pemeriksaaan CVT HIV AIDS 

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Cirebon – Rutan Kelas I Cirebon bersama Dinas Kesehatan Kota Cirebon melalui Puskesmas UPTD Pesisir, melaksanakan pemeriksaan CVT HIV AIDS (Human Immunodeficiency Virus) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas I Cirebon.

VCT adalah Voluntary Counseling and Testing, yaitu serangkaian tes untuk mengetahui apakah si warga binaan positif atau negatif mengidap HIV/AIDS.

HIV sendiri adalah virus yang menyerang dan menghancurkan sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh. (Sabtu, 13/1/24)

Tes HIV AIDS merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk menunjukkan jika warga binaan terinfeksi HIV AIDS atau tidak, dan ini dilakukan secara berkala, ungkap Muchtar petugas Poliklinik Pratama Rutan Kelas I Cirebon.

 

Bertempat di Lapangan Apel Rutan Kelas I Cirebon, Petugas Poliklinik Pratama Rutan berkerja sama dengan Empat (4) orang Petugas Puskesmas Pesisir Skrinning HIV/AIDS.

Sebanyak 19 warga binaan yang mendapatkan Skrinning merupakan tahanan baru dan terdata di Sistem Data Pemasyarakatan (SDP) masuk di pertengahan bulan Desember sampai dengan awal Januari 2024 ini.

Screening ini bertujuan guna menekan penyebaran HIV AIDS, khususnya di lingkungan blok hunian warga binaan Rutan Kelas I Cirebon.

“Sampai saat ini, warga binaan kami tidak ada yang terjangkit HIV AIDS, kami selalu lakukan upaya medis secara rutin guna mencegah penyangkit yang menular atau penyakit lainnya”, papar Muchtar.

Sambungnya, “Tindakan ini sebagai upaya dalam rangka pengendalian penyakit HIV AIDS dan infeksi menular seksual, kalau pun ditemukan kasus, bisa kita tindaklanjuti dengan pemberian obat rutin”.

“Saya harap mereka sehat-sehat, sekalipun ada yang mengidap HIV AIDS ini, masih bisa tetap sehat dan produktif seperti Warga Binaan yang lain” Tutup Muchtar. [Red./Doc./Ed.: Bs/Bs/Sh]

Baca Juga  Nobar Debat Cawapres, Ono Surono Sebut Visi Misi Ganjar Mahfud Jelas

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *