Sukses Gelar Olimpiade Sains Tingkat SD, Kadisdik Kota Cirebon Apresiasi SMP Santa Maria

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM,  Cirebon – Olimpiade Sains merupakan bentuk nyata keterlibatan aktif insan-insan pendidikan dalam memberdayakan dan memberi ruang bagi peserta didik untuk berkompetisi dalam bidang akademik. Hal tersebut disampaikan Kadini, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Cirebon saat menutup penyelenggaran Olimpiade Sains tingkat SD se-wilayah 3 Cirebon di aula SMP Santa Maria, Jl. Sisingamangaraja, Kota Cirebon, Senin (24/10/22).

“Terima kasih kepada SMP Santa Maria yang telah berinisiasi dan melaksanakan OSN se-wilayah 3 tahun 2022,” kata Kadini.

Kepada para peserta, ia pun menyampaikan apresiasinya. Karena menurutnya, telah berhasil menempa dalam sebuah kompetisi akademik.

“Bagian prestasi apapun harus selalu disyukuri. Apabila prestasi yang diraih belum maksimal, maka jadikan itu sebagai motivasi untuk belajar lebih keras dan meraih hasil yang lebih baik di masa mendatang,” tandasnya.

Lebih lanjut disampaikan, lomba OSN tingkat SD tersebut memberikan manfaat sebagai pondasi awal bagi anak-anak usia SD untuk memahami sains.

“Memungkinkan anak melakukan eksplorasi terhadap berbagai benda baik benda hidup maupun benda tak hidup yang ada di sekitarnya,” tuturnya.

Dengan demikian, sambungnya, anak dapat menggunakan lima inderanya untuk mengenal berbagai segala benda dan segala peristiwa.

Dalam belajar, sambungnya, anak semakin memahami apa yang dipelajari anak memperoleh pengetahuan baru dari hasil penginderaannya dengan berbagai benda yang ada di sekitarnya.

“Pengetahuan metodenya akan berguna sebagai model berpikir lebih lanjut melalui proses lain, anak dapat melakukan percobaan sederhana,” jelasnya.

Percobaan tersebut, masih kata Kadini, melatih anak menghubungkan sebab dan akibat dari satu perlakuan hingga melatih anak berfikir logis dengan mengembangkan kemampuan berpikir anak diharapkan dapat mengolah perolehan belajar dan menemukan bermacam-macam alternatif.

Baca Juga  Suguhkan Aksi Kreatif, SDN Pegambiran 1 Sukses Gelar Karya P5

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat untuk kita semua,” harap Kadini.

Sementara itu, Cristina Rukiyanti, Kepala SMP Santa Maria Kota Cirebon menyebutkan, berlangsung selama 2 hari (20-21), lomba ini diikuti 104 peserta yang berasal dari 22 Sekolah se-wilayah 3 Cirebon. kegiatan lomba tersebut, merupakan rangkaian HUT SMP Santa Maria ke-73.

“Selain rangkaian HUT SMP Santa Maria, kegiatan lomba juga sebagai bentuk kontribusi Kami untuk kemajuan bidang Pendidikan khususnya bidang Sains di wilayah 3 Cirebon,” ungkap Cristina didampingi Mikhael Rahardi.

Untuk diketahui, memperebutkan hadiah bergilir Walikota Cirebon, juara 1 berhasil diraih Kaisani Akila Junaquino dari SDN Kebon Baru 4, juara 2 diraih Sherryn Paulsaeman dari SD Plus BPK Penabur dan juara ke-3 diraih Rafael Torang Cristian Yobel Siahaan dari SD Santa Maria. (Cepy) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *