Trend Dunia Photography, Ketua APFI Indramayu Sebut Kamera Mirrorles Bukan Ancaman Bagi DSLR

0
Spread the love

CIREBONWARTANEWS.COM, Indramayu – Trend dunia photography berjalan dinamis seiring perkembangan jaman, beragam model dikeluarkan pabrikan ternama kamera, salah satunya  kamera model mirrorles.

Seiring dengan itu, akankah kehadirannya akan menggerus populasi pengemar kamera jenis DSLR (Digital Single Lens Reflex). Menanggapi hal tersebut,  Abdul Syukur atau  yang akrab  disapa Jerry, Ketua Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI) wilayah Indramayu mengatakan meski perkembangan kamera dibilang cukup pesat, akan tetapi hal tersebut tidak akan. Berpengaruh pada kamera DSLR.

“Hal tersebut tidak akan berpengaruh, karena DSLR dan mirrorles itu beda.,” kata Jerry, Owner Studio Photokubagus saat ditemui usai menghadiri salah satu kegiatan di Indramayu, Rabu (27/12/23).

Menurutnya,  masing-masing memiliki penggemar dan keunggulan masing masing. Dimana,  DSLR itu lebih kepada dia punya body besar dan tidak rawan kecelakaan.

“Artinya ketika kena benturan, DSLR ini tak mudah rusak. Lain halnya dengan mirrorles, sangat rawan kena benturan kemungkinan potensi rusaknya besar,” paparnya.

Disinggung tentang hasil jepretan, keduanya sambung Jerry, memiliki kelebihan dan hasil yang sama.

“Artinya ketika mirrorles harganya Rp 10juta  dan DSLR dengan harga yang sama  maka, hasil kualitas gambar ya akan sama,” imbuhnya.

Ia pun mengumpulkan, kehadiran mirrorles tidak serta merta menjadi ancaman bagi keberadaan pendahulunya yaitu DSLR.

“Cuma memang mirrorles itu lebih simple, ringan dalam pekerjaan. Karena memiliki body yang ringan simple kecil, tapi DSLR punya bodi besar dan bobot yang lumayan,” sebutnya

Sebagai profesional di bidangnya, ia pun tak lupa berbagi tips untuk hasil photo Bokeh.

“Untuk menciptakan photo yang bokeh perlu ditunjang dengan  lensa yang maksimal, artinya kata lensa fix yang zoom ISO 50 dan 100 atau 35 fix itu pasti bokehnya tajam, blurnya juga sedap, tapi kalau masih pakai lensa kit solusinya yaitu lensa di-zoom dan objek kita dekatkan,” jelasnya.

Baca Juga  Dinilai Berhasil Dalam Bidang Pembangunan Pertanian, Jokowi Sematkan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya Kepada Bupati Nina

Sementara itu, berdiri satu tahun lalu, APPI Indramayu memiliki puluhan anggota dengan beragam agenda kegiatan.

“Diantaranya agenda yang kami lakukan, hunting , pemotretan cagar budaya, edukasi tentang photography, diskusi di Sekretariat APPI Indranayu dan kegiatan lainnya,” pungkasnya. (Cepy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *